Harga Komoditi Cengkeh mulai Merangkak turun Petani mulai Cemas.



SOPPENG,SAR.COM-Memasuki musim panen cengkeh para petani berharap agar harga tidak turun drastis.  
Saat ini harga cengkeh turun hingga angka Rp.92.000/kilogram. Pada hal saat ini sebagian para petani cengkeh khususnya Petani Cengkeh yang ada di Gellenge Desa Bulue Kecamatan Marioriawa sedang memanen hasil Cengkeh

Salah satu petani Arni cengkeh kepada media ini, Senin (15/07/224) menuturkan bahwa komoditi cengkeh miliknya saat ini memasuki saat panen. Oleh sebab itu dirinya mengharapkan agar harga komoditi tersebut tidak turun drastis harapnya.

Lanjut Arni hasil cengkeh tahun ini cukup lumayan. Hampir setiap pohon bunganya lebat, sebagai petani kami harap agar harga tidak turun jauh mengingat kami juga bayar tenaga orang untuk petik cukup mahal bahkan kalau di hitung lebih banyak na ambil pemetik cengkeh dari pada kami petani ujarnya.

Dirinya berharap agar tidak terjadi penurunan harga secara drastis ditengah hasil panennya yang cukup lumayan di musim cengkeh tahun ini. Dengan demikian dapat meningkatkan pendapatan para petani serta dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Seandainya harga cengkeh kering tidak dibawa Rp 100.000 Perkilonya kami sedikit lega  tapi apa boleh buat sekarang ini harga cengkeh di pedagang pengumpul hanya sekitar 90 an saja sedangkan gaji pemetik setiap liternya Rp 4000 hingga Rp 500