Rusaknya Jalan dan tidak adanya Jaringan PLN dikeluhkan Warga Datae dan Gellenge




Ketgam: Bedinilah Kondisi jalan menuju Datae
SOPPENG, SAR.COM-Kerusakan jalan di wilayah Desa Bulue kecamatan Marioriawa, Menjadi permasalahan yang banyak dikeluhkan oleh warga. Terutama  jalan Poros Lejja Lamentong,Datae dan Gellenge berjarak sekitar 4 kilo meter dari  Jalan Poros Permandian Air Panas Lejja, Padahal kampung ini ini termasuk salah satu penghasil Cengkeh,madu,lombok dan Kemiri serta gula merah terbesar di wilayah kabupaten Kabupaten Soppeng

Sulitnya akses akibat jalanan yang hampir rusak total, mengakibatkan para petani dan pengepul  menjadi rugi, tidak hanya itu, akibat dari kerusakan jalan ini berdampak kepada harga bahan pokok yang mahal dan juga harga dari barang para petani menjadi murah.

Jalanan ini merupakan satu-satunya akses keluar masuk dari desa Bulue menuju ibu nota kecamatan, yang setiap hari di lalui oleh para siswa-siswi tingkat SMP dan SMA yang bersekolah di Batu Batu . Selain itu, para guru sekolah dasar yang berasal dari desa lain juga menempuh jalanan ini untuk melaksanakan tugas mengajar di SDN 66 Mario Kelas Jauh Datae dan Kelas Jauh Gellenge d Maka tak heran, jika tidak sedikit masyarakat yang mengeluhkan kondisi jalan yang sangat memprihatinkan.

Pasalnya, jalanan ini sangat menghambat aktivitas masyarakat. Dikhawatirkan akan memakan korban jiwa, karena disini merupakan daerah perbukitan yang memiliki pendakian tajam dan penurunan curam dengan akses jalan licin, bebatuan besar, serta tanah lumpur.

Menurut warga setempat Tiar kepada media ini Selasa (16/07/2024) kerusakan di jalan tersebut sudah terjadi selama beberapa tahun,  dan belum mendapatkan penanganan serius dari pihak pemerintah  terkait. 

“Jika jalanan bagus jarak ibu kota kecamatan dari sini hanya perlu waktu 50 menit, dikarenakan jalanan rusak waktu tempuh bisa sampai 3 jam” ucap Tiar.

Lanjut Tiar Kami selalu gotong royong untuk memperbaiki jalan yang rusak. Semenjak beberapa bulan terakhir, jalannya sudah rusak semua. Bisa kita bayangkan jika ada salah satu warga sakit dan harus dirujuk segera” keluh Tiar

Kami berharap kepada pemerintah kabupaten  untuk segera memperbaiki jalanan dan juga segera ada akses jaringan PLN,karena kami di RK  Datae dan Gellenge belum tersentuh PLN hanya memakai Listrik Tenaga Air yang setiap saat mati lampu tutup Tiar.(ono)